Selasa, 03 April 2012

Reaktor nuklir Fukushima berjuang dengan air

Salah satu reaktor di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi ditemukan mengalami kekurangan air pendingin dan level lanjut radiasi nuklir dibandingkan perhitungan sebelumnya yang dilakukan di dalam unit, sebagaimana dikatakan oleh seorang operator dalam laporannya minggu lalu.




PLTN Fukushima Daiichi
sumber: satimagincorp.com


Petugas menyatakan survei menunjukkan sekitar 60 cm air terdapat di bagian bawah pengaman bejana (containment vessel), berbanding dengan perkiraan sekitar 3 meter.

Setidaknya beberapa bahan nuklir diyakini berada di pengaman bejana yang mengelilingi bejana reaktor sebagai perlindungan baris ke-2.

Air tampaknya cukup untuk menghindari resiko panas berlebih (overheating) dari bahan bakar nuklir karena suhu bejana tetap stabil di sekitar 48 derajat celcius, kata petugas lagi.

Akan tetapi rendahnya permukaan air diperkirakan adanya kebocoran dari unit lebih buruk dari yang telah diantisipasi. Artinya masih dibutuhkan air untuk menjaga bahan bakar nuklir dari panas berlebih, menambah masalah mengenai bagaimana mengatasi ratusan ton air radioaktif yang telah bocor ke wilayah di sekitar PLTN.

Petugas Tepco juga menyatakan alat pendeteksi radiasi telah menemukan radiasi tinggi di dalam pengaman bejana, antara 31.1 -- 72.9 sieverts. Dibandingkan dengan level radiasi tertinggi di luar pengaman bejana yang terdeteksi sejauh ini sebesar 1--4 sieverts.
(Klm)

Diterjemahkan dari Wall Street Journal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar